Cara Membuat Flash Disk Menjadi Kebal Virus

USB Flashdisk atau beberapa menyebutnya dengan ‘ThumbDrive” pertama kali dipasarkan oleh perusahaan raksasa IBM pada tahun 2000. Hingga saat ini, kegunaan USB flashdisk menjadi favorit sebagai media penyimpanan selain praktis juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan banyak data didalamnya. Namun dibalik semua itu, USB Flashdisk merupakan ‘sasaran empuk’ bagi virus – virus komputer karena disamping mudah untuk terinfeksi dan memiliki celah keamanan yang tidak ketat. Umumnya para pembuat virus banyak diantaranya yang mengujikan virus buatannya pada salah satu diantara; virtual windows mereka atau pada USB flashdisk nya sendiri. Oleh karena itu, pada tulisan ini akan dibahas bagaimana setidaknya memperkecil kemungkinan terinfeksinya virus komputer pada USB anda.

Berikut adalah langkah – langkahnya:

Dengan asumsi trik ini diujicobakan pada flashdisk yang masih kosong isinya. Buatlah folder kosong didalam flashdisk anda dengan klik kanan pada mouse > New > Folder. Kemudian berilah nama pada folder tersebut dengan “autorun.inf” (tanpa kutip).
Masuklah kedalam folder yang baru saja anda buat baru saja dan tambahkan file notepad didalamnya dengan klik kanan > New > text document
Bukalah salah satu aplikasi bawaan dari windows yaitu character map. Secara default, anda dapat menemukannya di Start menu > All Programs > Accessories > System Tools > Character Mapcara-membuat-flash-disk-kebal-virus

http://www.ilmu-komputer.org/wp-content/uploads/2012/02/cara-membuat-flash-disk-kebal-virus2-265x300.jpg
Setelah aplikasi Character Map terbuka, centang kotak ‘Advance View’ yang terdapat dibawahnya. Dan pilihlah Unicode
Pada bagian atas anda akan melihat kumpulan huruf, angka, simbol-simbol. Cobalah browse hingga kebawah dimana akan melihat bentuk – bentuk simbol aneh. Copy lah beberapa dari simbol / karakter aneh tersebut dengan mengklik tombol Copy(seperti pada gambar dibawah)cara-membuat-flash-disk-kebal-virus2
Kemudian paste beberapa karakter unik yang baru saja anda copy untuk dijadikan nama file pada nama teks notepad yang anda buat didalam flashdisk anda beberapa saat yang lalu. Caranya, klik kanan > rename. Lalu CTRL+V pada keyboard anda. Maka seketikan file tersebut telah dinamai dengan karakter-karakter unik.
Langkah selesai :-)

Dengan trik diatas, maka USB anda sudah kebal dari rata-rata atau kebanyakan dari virus komputer yang menginfeksi flashdisk adalah dengan memanfaatkan, memodifikasi atau menambah fitur autorun.inf pada USB flashdisk. Dengan menambahkan beberapa karakter aneh (berformat UNICODE) yang disebutkan terdahulu, maka script virus tidak dapat mengubah autorun.inf tersebut karena script pemrograman virus tidak mendukung karakter berformat UNICODE sehingga virus tidak akan dapat menghapus dan mengganti file tersebut karena tidak dapat membacanya.

Pertanyaan berikutnya, bila virus tidak dapat menghapusnya mampukah virus membuat kloningan dari autorun.inf milik mereka sendiri? Jawabannya adalah tidak. Karena sistem operasi windows hanya mendukung satu buah file autorun.inf didalam sebuah drive / flashdrive. Oleh karena itu flashdisk anda dapat dikatakan aman dari sebagian besar cara kerja virus pada umumnya.

0 komentar:

Poskan Komentar